#IbuBerbagiBijak Pintar Mengelola Keuangan

Pekan lalu saya diundang oleh The Urban Mama untuk menghadiri workshop #IbuBerbagiBijak bersama VISA Indonesia yang bertemakan Bijak Kelola Keuangan, Kunci Keluarga dan Masa Depan Sejahtera. Workshop ini diselenggarakan di RPTRA Ciganjur dan dihadiri oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Usia Dini (HIMPAUDI).

Bunda-bunda yang hadir di workshop #IbuBerbagiBijak ini pun berkesempatan menerima tips-tips dari Mbak Prita Ghozie sebagai Financial Educator serta ada Womenpreneur, Mbak Gladies owner dari brownies Dapur Gladies.

Pasti udah pada tahu perusahaan teknologi pembayaran global terdepan, Visa Indonesia. Ini adalah tahun kedua kampanye #IbuBerbagiBijak yang diadakan oleh Visa Indonesia, sebuah program literasi keuangan yang digelar dalam rangka mengedukasi dan mendorong para perempuan untuk berbagi pengetahuan seputar literasi keuangan. Program yang telah berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini telah menjangkau lebih dari 200.000 perempuan di seluruh Indonesia.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kampanye tahun ini akan menghadirkan pakar finansial ternama seperti Mbak Prita Ghozie untuk mengajarkan para perempuan Indonesia agar mampu mengelola keuangan dengan bijak, dan melibatkan sejumlah wirausaha perempuan sebagai narasumber tamu yang akan membagikan kisah hidup mereka dalam mengelola keuangan dan menjalankan bisnis pribadi sebagai sumber inspirasi.

Menurut data yang dihimpun, hanya 25% Wanita Indonesia yang mampu mengelola keuangan keluarganya. Oleh sebab itu, Visa Indonesia berbagi Ilmu dalam mengelola keuangan keluarga. Menurut Mbak Prita Ghozie, hal pertama yang perlu disisihkan ketika mendapatkan pemasukan adalah menyisihkan uang untuk zakat, tabungan, dana darurat, dan investasi. Uang sisa setelah dikurangi kebutuhan hidup, barulah bisa dimanfaatkan untuk memenuhi gaya hidup.

Untuk mencapai keuangan yang ideal, Ibu-ibu harus memperhatikan 3 hal. Yakni;

1. Financial Check Up

2. Mengelola Arus Kas

3. Merencanakan Keuangan

Jika 3 hal tersebut sudah di amalkan, maka keuangan keluarga akan sangat mudah dipantau.

Seperti yang saya sebutkan diatas, ketika pemasukkan datang disaat itulah kita harus menganggarkan pengeluaran. Dengan begitu, kita mampu mengontrol kondisi keuangan keluarga. Apakah isi dompet kita sehat, atau tidak.

Perhatikan template di bawah ini:

Menurut Mbak Prita, idealnya untuk membudgetkan pengeluaran keluarga adalah sebagai berikut:

1. 5% untuk Sedekah/amal/zakat

2. 10% untuk dana darurat

3. 30% untuk cicilan

4. 30% untuk biaya hidup

5. 10% untuk gaya hidup

6. 15% untuk investasi

Setelah belajar tips-tips menganggarkan keuangan, workshop dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama Owner Dapur Gladies.

Mbak Gladies, sapaan akrabnya. Womenprenuer ini menginspirasi ibu-ibu HIMPAUDI untuk menjadi seorang Ibu yang mampu melihat peluang usaha dari hobi yang digemari.

Berawal dari kegemaran Mbak Gladies membuat kue, selepas SMA ia pun memperdalam keahliannya dengan melanjutkan sekolah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Lulus sekolah, Mbak Gladies memulai bisnisnya dengan membuat brownies bakar. Meskipun banyak toko brownies yang sudah berkembang di Bandung, tak menyurutkan semangat Mbak Gladies untuk memulai bisnisnya dengan membuat Brownies. Alhasil setelah 5 tahun membuka usaha brownies bakar, ia pun sudah memiliki satu cabang toko brownies di Jakarta.

Belajar dari Mbak Gladies membangun usahanya, siapa pun yang memiliki niat untuk berusaha dan terus berusaha dengan keras pasti akan menuai hasilnya kelak. Cepat atau lambat. Ketika kita bersungguh-sungguh maka terjadilah. Tidak ada hasil yang mengkhianati prosesnya.

Sekian cerita yang dapat saya bagikan dari acara The Urban Mama Meet Up Blogger bersama Visa Indonesia pada hari Kamis, 30 Agustus 2018.

Ada Omar yang asik memperhatikan Workshop bersama Mamah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s