MPASI HARI PERTAMA – PUREE AVOCADO / ALPUKAT (MENU TUNGGAL)

Puree Alpukat dan Buah Alpukat

Kandungan Gizi Buah Alpukat: Serat, vitamin C, vitamin K, Vitamin B6, Folat, Kalium, Riboflavin

MPASI Puree Alpukat – Menu Tunggal

Dihari pertama MPASI, puree Alpukat menjadi pilihan pertama untuk Sabina coba. Awalnya aku sempat bingung, antara pisang, pepaya atau alpukat. Dan pilihan pun jatuh kepada buah alpukat.

Ini adalah macam-macam buah untuk Sabina coba selama seminggu kedepan. Ada buah pisang, buah alpukat, buah apel, buah peer, buah jeruk, buah manggis, buah kiwi dan buah naga.

Sehari sebelum memulai MPASI, aku putuskan untuk memberikan menu tunggal 3 kali sehari selama dua minggu kedepan. Tujuannya agar sistem pencernaan Sabina tidak terganggu jika aku biasakan makan 3 kali sehari.

Hasil makan dihari pertama

Sebagai perkenalan pertama dengan alpukat di pagi hari, mom uL memberikan 4 suapan pure alpukat ke Sabina. Mashallah, si Sabina melahap dengan antusias setiap suapan yang aku berikan.

Mencoba teknik BLW pertama kali. Sambil disuapin makan, Sabina pegang sendok sendiri.

Di jam makan siang dan makan sore, porsinya mulai aku tambahkan sedikit lebih banyak. Soalnya si Sabina ini mulai suka merengek sambil menjulurkan lidahnya yang mana aku artikan ini sebagai tanda dia suka makan atau masih lapar. hehehe….

Sejak makan pure alpukat dipagi hari, Sabina belum ada buang air besar sampai malam hari. Semoga aja besok ada bab ya, Bin! Eh iya, aroma kentutnya Sabina mulai tercium sangat wangi loh 😋😂😅

Untuk tempat penyimpanan makanan MPASI, aku memilih menggunakan jar kaca. Alasannya karena aku gak punya tempat penyimpanan MPASI yang baik digunakan yang udah BPA free and etc. Semoga aja ada brand-brand produk perlengkapan makanan bayi yang mau nge endorses mom ul sehingga produknya bisa aku review 🤪

Nuby Garden Fresh Mash Feed dan saringan kawat.

Sebelum membuat puree buah atau puree sayur, mom ul anjurkan untuk setiap orang tua menyiapkan peralatan “tempur” berupa blendder, grinder atau saringan kawat. Aku pribadi memilih menggunakan Nuby Garden Fresh Mash Feed dan saringan kawat.

Berikut aku share ya cara pembuatan puree alpukat.

Bahan-bahan yang diperlukan: 2 buah alpukat dan 40 ml ASIP.

Cara membuat: Belah alpukat menjadi 2 bagian. Kemudian kerok daging alpukat. Usahakan tidak mengerok sampai kulit, agar puree tidak pahit. Kemudian blend menggunakan Nuby Garden Fresh Mash Feed. Selanjutnya saring dengan saringan kawat. Setelah itu pindah ke dalam wadah untuk di sajikan.

Puree adalah makanan yang dilembutkan baik itu dengan blender, grinder, ditekan-tekan, atau yang sejenis. Agar dipastikan lembut, puree juga kadang disaring. Puree biasanya dibuat dari bahan dasar berupa sayur atau buah. Puree sering biasanya dikenalkan pada awal-awal MPASI (6 bulan). Pilihlah bahan (buah atau sayur) yang organik untuk mengurangi zat residu pestisida, namun apabila susah maka buah/sayur biasa juga boleh asalkan dicuci sampai benar-benar bersih.

Source:

1. Buku Pintar Emak 30 Menu MPASI Terbaik – MITA Aeera – Senja Media Utama

2. http://asibayi.com/arsip/apa-itu-mpasi-puree/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s